Tutorial

Cara install CentOS 7 disertai dengan gambar

Cara Install CentOS

Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara install CentOS 7 yang disertai dengan screenshot. Versi CentOS 7 yang kami gunakan adalah versi minimal, dan versi ini sangat cocok digunakan ketika akan build aplikasi lainnya misal web server, DNS server, Mail server, dll.

Mulai Instalasi

Pertama siapkan DVD CentOS 7 atau bisa menggunakan Flashdisk untuk instalasinya. Setelah itu nyalakan PC disertai dengan DVD CentOS 7 atau USB bootable CentOS 7, maka tampilan awalnya akan seperti gambar dibawah ini.

Gambar 1 – CentOS 7 Boot Screen

Kemudian muncul pilihan bahasa (Gambar 2), secara default pilih saja English untuk mempermudah instalasi nantinya.

Gambar 2 – Pilih Bahasa

Setelah klik Continue maka akan muncul sesi Installation Summary (Gambar 3), pertama pilih dulu Date & Time.

Gambar 3 – Installation Summary

Ketika pilihan Date & Time di klik maka akan muncul halaman zona waktu (Gambar 4) dan pilihlah sesuai zona waktu anda. Disini saya pilih Jakarta, jika sudah klik tombol Done untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Gambar 4 – Zona Waktu

Partisi Hardisk

Pada halaman Installation Summary (Gambar 3) pilih Installation Destination. Disini kita akan memilih hardisk mana yang akan digunakan untuk diinstall CentOS 7 (Gambar 5).

Gambar 5 – Installation Destination

Silahkan pilih hardisk yang akan digunakan hingga muncul tanda centang dan dibawahnya ada 2 pilihan. Jika pilih Automatically configure partitioning maka partisi akan dibuat otomatis oleh CentOS nya. Jika pilih I will configure partitioning maka langkah selanjutnya kita akan membuat sendiri partisinya. Setelah itu klik Done dan sebelumnya kita sudah memilih I will configure partitioning. Langkah selanjutnya yaitu Manual Partitioning (Gambar 6).

Gambar 6 – Manual Partitioning

Pada Manual Partitioning disini akan dibuat 3 partisi yaitu partisi swap (sebagai virtual memory), partisi /boot (sebagai bootable sebelum masuk ke OS nya, termasuk jika dual boot) dan partisi / (root) yaitu partisi untuk menyimpan semua file CentOS nya termasuk home direktori. Jika sudah selesai dan klik tombol Done, maka akan muncul halaman Summary of Change (Gambar 7). Halaman dimana perubahan partisi hardisk akan dikerjakan, klik tombol Accept Changes.

Gambar 7 – Summary of Changes

Konfigurasi Jaringan

Kembali lagi ke halaman Installation Summary, kita bisa langsung konfigurasi Jaringan diawal atau bisa juga konfigurasi setelah proses instalasi, scroll kebawah dan pilih Network & Host Name(Gambar 8).

Gambar 8 – Network & Host Name

Silahkan aktifkan jaringannya dan klik Configure jika ingin konfigurasi IP Address manual. Jika sudah selesai semua silahkan klik Begin Installation pada halaman Installation Summary.

Konfigurasi User dan Root

Ketika kita klik Begin Installation maka proses installasi sedang dikerjakan, kemudian langkah selanjutnya yaitu User Settings(Gambar 9) dimana kita akan setting password untuk root dan membuat user.

Gambar 9 – User Settings

Silahkan klik Root Password dan masukkan password root yang akan digunakan (Gambar 10).

Gambar 10 – Root Password

Buat user juga pada halaman Create User (Gambar 11), tapi pilihan ini optional jadi tidak dibuat pun tidak masalah.

Gambar 11 – Create User

Jika proses installasi sudah selesai, maka akan muncul tombol Reboot pada kanan bawah (Gambar 12).

Gambar 12 – Proses Installasi Selesai

Silahkan klik tombol reboot dan pc akan melakukan restart serta muncul pilihan boot, silahkan pilih yang paling atas sendiri / tidak ada kata rescue (Gambar 13).

Gambar 13 – CentOS Bootloader

Jika sudah muncul halaman login berupa command prompt (Gambar 14), berarti instalasi anda sudah berhasil.

Gambar 14 – CentOS login screen

Selamat anda sudah berhasil install CentOS 7 Minimal. Terima Kasih sudah membaca tutorial Cara install CentOS 7.

Related Post :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.