Tips

Perintah Dasar Linux – Bagian 1

Perintah Dasar Linux

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Perintah Dasar Linux – Bagian 1, nah kalau ada bagian 1 pasti ada bagian selanjutnya. Bagian pertama ini membahas perintah dasar Linux yang sering digunakan seperti ls, rm, mv, cp, cd. Ada banyak sekali command/perintah yang biasa ditulis pada terminal(command dalam Windows). Selain itu output yang dihasilkan juga berbagai macam tergantung options yang digunakan.

Perintah Dasar Linux yang pertama adalah:

1. cd (Change Directory)

Change Directory atau yang disingkat cd adalah perintah Linux yang digunakan untuk pindah direktori. Contoh penggunaannya :

cd /home/wibi

perintah diatas digunakan jika kita ingin masuk ke direktori /home/wibi. Contoh lainnya :

cd ..

penggunaan “..” menandakan kita akan pindah ke direktori atasnya. Jika sebelumnya kita berada di direktori /home/wibi, maka setelah penggunaan “..” kita akan berpindah di direktori /home.

2. cp (Copy)

Copy atau bisa juga disingkat cp adalah perintah untuk melakukan duplikasi baik file maupun folder. Contoh penggunaannya adalah:

cp /home/wibi/file1 /home/wibi2/

perintah diatas yaitu akan menduplikasi file1 yang ada di /home/wibi ke /home/wibi2/. Adapun jika kita ingin langsung mengganti nama file1 bisa langsung dituliskan, misal :

cp /home/wibi/file1 /home/wibi2/fileCopy

Dengan menggunakan perintah diatas, maka akan ada 2 file yang sama tapi beda nama.

3. ls (List)

List direktori atau bisa disingkat ls, adalah perintah linux yang digunakan untuk menampilkan isi dari file/direktori. Contoh penggunaannya adalah :

ls /home/wibi/

Perintah diatas akan menampilkan semua file/direktori yang ada di dalam direktori /home/wibi/. Jika ingin menampilkan lebih detil bisa menggunakan perintah berikut:

ls -la /home/wibi

Penggunaan option -l akan menampilkan detil dari hak akses, tanggal dibuat, serta kepemilikan file/direktori tersebut. Sedangkan option -a akan menampilkn file/direktori yang tersembunyi (file/direktori diawali dengan “.” ).

4. mv (Move)

Move atau bisa disingkat mv adalah salah satu perintah untuk memindahkan file/direktori dari satu tempat ketempat lain. Kalau di OS Windows kita biasa mengenal istilah “Cut”. Sedangkan contoh penggunaannya adalah:

mv /homw/wibi/file1 /home/wibi2/

Sama seperti perintah “cp”, mv juga bisa mengubah nama file/direktori sekaligus di tempat barunya, contohnya:

mv /home/wibi/file1 /home/wibi2/fileMove

Perintah mv selain berfungsi untuk memindahkan file/direktori juga bisa untuk ganti nama file/direktori.

5. rm (Remove)

Remove atau bisa disingkat rm, adalah perintah yang digunakan untuk menghapus file/direktori, contoh penggunaannya adalah:

rm /home/wibi/file1

Dengan perintah diatas, maka file1 yang ada didalam direktori /home/wibi akan terhapus.

Sekian beberapa perintah dasar linux yang sering digunakan, dari masing-masing perintah ada manualnya tersendiri. Untuk melihat manual masing-masing silahkan gunakan perintah man <perintah> atau gunakan opsi –help, misal: “man ls” atau “ls –help”

Related Post :

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.