Curcol

Migrasi OS dari Ubuntu ke Mac

Migrasi OS dari Ubuntu ke MacSetelah lama menggunakan distro linux terutama Ubuntu, akhirnya beberapa bulan yang lalu memutuskan migrasi ke Mac. Migrasi OS dari Ubuntu ke Mac ini sebenarnya sudah direncanakan dari dulu. Sempat muncul menggunakan Hackintosh tapi justru malah lebih ribet dari install distro linux.

Berawal dari ketertarikan saya terhadap desain Macbook terutama Macbook Air yang memang sangat bagus. Dari segi desain maupun kualitas terutama touchpadnya, Macbook menurut saya laptop yang perfect. Kemudian saya coba browsing Macbook bekas di Tokopedia, sort harga dikisaran 4-8 juta dan lokasi di Surabaya. Alhasil ketemulah Macbook Air 2014 komplit di harga 7,5 juta. Harga segitu di tahun 2018 sangatlah murah dan patut untuk curiga. Setelah kontak dengan penjualnya, akhirnya setuju untuk ketemuan di daerah Pakuwon Mall Surabaya sekaligus transaksi disana. Setelah ketemu akhirnya saya cek semua kondisi fisiknya, termasuk cycle count baterainya. Alasan dijual karena tidak bisa untuk game agak berat, Dota 2 pun juga harus setting low grafiknya. Setelah deal akhirnya dirumah langsung upgrade OS nya dari Maverick ke High Sierra.

Jujur saja, jika ada distro Linux yang seperti Macbook baik dari segi software maupun hardwarenya pasti akan saya beli. Salah satu kendala ketika saya menggunakan Distro Linux adalah kompatibilitas hardwarenya serta desain UI yang cukup kaku. Ubuntu jika mau konsisten dan fokus ke UI pasti akan lebih baik dari Mac. Satu hal yang membuat saya lebih tertarik MacOS daripada Windows adalah perintah command line/terminal di MacOS hampir sama dengan Ubuntu atau Linux pada umumnya. Termasuk koneksi SSH langsung via terminal tanpa harus menggunakan software lain.

Akhirnya migrasi OS dari Ubuntu ke mac ini cukup puas. Meskipun Macbook bekas tahun 2014, tapi kondisi fisik dan kelengkapannya masih sangat bagus.

Related Post :

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.